Pages

Labels

Jumat, 12 Juli 2013

Masa Orientasi Siswa

Masa Orientasi Siswa (MOS) adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan siswa baru. MOS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan. MOS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru hingga karyawan lainnya di sekolah itu.

Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah. Namun seringkali menjadi momok bagi para siswa baru, karena selalu ada imej tindakan kekerasan fisik di dalamnya. Namun, berbeda dengan sekolah kita yang mengunakan konsep edukatif dalam MOS yang lebih ramah. MOS yang dilakukan pada tanggal 1-4 July dengan diikuti sekitar 200 siswa/i baru dilaksanakan dengan berbagai rangkaian acara seperti pengenalan tentang sekolah, pemberian materi dari pihak Bea dan Cukai Batam, bahaya HIV, keamanan berlalu lintas oleh Satlantas Polri
Diskusi dalam kelompok

Kegiatan Dinamika Kelompok di Pantai
MOS di SMK MHS sangat berbeda karena tidak ada unsur kekerasan didalam nya "Kekerasan tidak layak disuguhan kepada siswa-siswi baru. Ada banyak cara untuk mengajarkan kedisiplinan," kata Yuni Kartika President Student Union SMK MHS, Kegiatan MOS yang ramah pun membuat para siswa baru tak dilanda rasa takut. "Saya tidak pernah dikerasi, semuanya seru dan baik hati,” ujar Bryan, salah satu siswa baru.

3 hari kegiatan MOS ini berlangsung di dalam lingkungan sekolah dan 1 ahri berada di pantai, dihari terakhir ini lah sebanyak 200 siswa baru di SMK ini memang diajak untuk mengisi kegiatan dengan permainan yang bersifat "fun" dan unik.
Salah satu panitia MOS, Bany Sentosa menekankan, salah satu poin MOS adalah pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa baru. “Sebagai kesempatan untuk memperkenalkan seluk beluk sekolah. Dan seharusnya memang tidak dengan cara kekerasan memberikan pembinaan kepada siswa-siswi baru. terlebih jika masih harus saling mengerasi,” ujarnya. (Benny Journalist Council SU 4)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Visitor

Subscriber